Home » » Sebelum Mudik Lebaran Jaga Kondisi Motor Anda!

Sebelum Mudik Lebaran Jaga Kondisi Motor Anda!

Written By Unknown on Kamis, 26 Juli 2012 | 15.03

Hayo bentar lagi Lebaran, siap-siap juga dalam ngurusin tu motor, biar selamat sampai tujuan. Untuk menempuh perjalanan jauh yang akan ditempuh, diharapkan para pemudik harus memastikan kondisi mesin apakah dalam keadaan sehat atau sebaliknya. Jadi jangan hanya si pengendara saja yang harus diperhatikan, mesin motor juga perlu 'kebugaran' sama halnya seperti tubuh manusia.

Tetapi disini yang menjadi kebiasaan para pemudik adalah menunda-nunda waktu servis menjelang lebaran. Masalah ini kerap terjadi terutama menjelang lebaran, dimana momen itu sendiri banyak sekali motor yang akan digunakan jarak jauh.

Nah, yang lebih parahnya lagi, banyak motor tidak bisa servis besar karena bengkel motor sudah tutup menjelang hari raya. Padahal itu adalah hal terpenting dalam mudik yang tidak boleh dilupakan.

agar para mudiker bisa aman pulang kekampung halaman tanpa ada kendala atau masalah dengan motor yang akan digunakan, mari kita simak.

1. Lakukan minimal servis ringan 1-2 minggu sebelum hari raya. Cobaan yang paling berat adalah pasti bengkel motor lebih ramai dari biasanya, jadi harus bersabar dan mengantri cukup lama.

2. Karena anda yang mengetahui seluk beluk motor maka harus benar-benar teliti jika ingin mengganti parts. Disarankan untuk mengganti parts ke dealer resmi.

3. Beberapa hal penting yang juga harus diperhatikan seperti periksa sistem pengapian, rapikan sistem kelistrikan,  periksa kinerja rem,  balancing roda dan ban motor.

4. Selain bawa badan, setiap pemudik selalu mengangkut barang. Demi keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, barang bawaan jangan sampai berlebihan dan ditempatkan dengan cermat. Kasihan motor jika beban terlalu berat dan jangan sampai barang bawaan justru mengganggu handling yang bisa memicu kecelakaan.

5. Ini yang paling penting diantara yang terpenting, Jangan ngebut atau membawa motor dengan kecepatan tinggi. Resiko yang akan diterima lebih banyak jika terjadi kecelakaan, dari segi motor dan yang pasti dari segi si pengendara atau pemudik.

Semoga bermanfaat untuk semua para mudiker, selamat mudik dan hati-hati dijalan semoga selamat sampai ditujuan. Ingatlah anak, istri, orang tua menunggu dirumah.


source : motor.sportku.com
Share this article :
Indonesian English German French

Popular Posts

 
Support : Bikin Website | Thanks To
Copyright © 2013. Motors Info - All Rights Reserved
Template modif by T11U Blog Inovatif To always be Remember
Web Builder by computertriksno-1 Powered by Blogger